Pendidikan

Mata Pelajaran SMK Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

0 Comments
Home
Pendidikan
Mata Pelajaran SMK Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Mata Pelajaran SMK Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran merupakan salah satu jurusan yang cukup favorit di SMK, ini dibuktikan dengan sekolah yang membuka jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran selalu ramai pendaftarnya di musim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan di awal tahun Pelajaran. Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran biasanya di dominasi oleh siswa cewek, walaupun di dominasi oleh siswa cewek bukan berarti kamu yang cowok tidak pas kalau di jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran ini.

Kenapa Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran identik dengan siswa cewek? Baca saja Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran ini sampai selesai.
Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran adalah jurusan yang membutuhkan kesabaran, ketelitian dan penuh kehati-hatian. Kenapa jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran perlu kesabaran, ketelitian dan kehati-hatian? Apakah jurusan yang lain tidak membutuhkan itu?.

Sebenarnya semua ilmu perlu dipelajari dengan kesabaran, ketekunan, ketelitian serta kehati-hatian. Namun pada jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran ini kamu bakalan dituntut untuk dapat menata dan mengelola arsip yang tentunya harus teliti dan hati-hati dan kesabaran. Melakukan peng-arsipan, melakukan Tata Kelola Kepegawaian, melakukan Tata Kelola Keuangan adalah hal yang harus kamu kuasai jika kamu masuk jurusan ini.

Kalau di lihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran ini memang mengarahkan siswanya untuk dapat melakukan Tata Kelola Kepegawaian, melakukan Tata Kelola Keuangan secara profesional, oleh karena itu pada jurusan ini dituntut untuk mengetahui dan memahami kearsipan dengan baik. Siswa pada jurusan ini juga dituntut untuk dapat menggunakan perangkat seperti Komputer/Laptop/Tablet/Smart Phone karena kearsipan biasanya disimpan secara digital.

Lulusan jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran bisa bekerja di perusahaan, perkantoran atau lebih baik lagi untuk berwiraswasta.  Anda dapat membuat toko sendiri baik online maupun offline. Peluang kerja jurusan ini cukup besar dan ngga ada habisnya. Untuk kamu yang mau melanjutkan (kuliah) ke Perguruan Tinggi, Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran juga banyak tersebar di Perguruan Tinggi maupun Universitas Negeri maupun Swasta.

Jika melihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran ini sangat cocok bagi kamu yang akan melanjutkan kuliah di jurusan Ekonomi, Manajemen, Perbankkan. Dasar dasar ilmu Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran sudah kamu pelajari sewaktu di SMK.
Apa saja sih Mata Pelajaran SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran itu?

Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 130/D/KEP/KR/201 Tanggal : 10 Februari 2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan yang bakal kamu pelajari:

Bidang Keahlian         : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian         : Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
1 2 1 2 1 2
A Muatan Nasional
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 3 3 - - - -
6 Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
JUMLAH A
19 19 15 15 15 15
B Muatan Kewilayahan
1 Seni Budaya 3 3 - - - -
2 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2 - -
JUMLAH B
5 5 2 2 - -
C Muatan Peminatan Kejuruan
C1 Dasar Bidang Keahlian
1 Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - -
2 Ekonomi Bisnis 2 2 - - - -
3 Administrasi Umum 2 2 - - - -
4 IPA 2 2 - - - -
C2 Dasar Program Keahlian
1 Teknologi Perkantoran 4 4 - - - -
2 Korespondensi 5 5 - - - -
3 Kearsipan 4 4 - - - -
C3 Kompetensi Keahlian
1 Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian - - 6 6 7 7
2 Otomatisasi Tata Kelola Keuangan - - 6 6 6 6
3 Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana - - 6 6 6 6
4 Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan - - 6 6 6 6
5 Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8
JUMLAH C
22 22 31 31 33 33
TOTAL
46 46 48 48 48 48

Demikian Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, semoga bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin sekolah di SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, atau bagi siapa saja yang ingin mengetahui Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

No comments