Iklan-header

Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Akuntansi


Peluang kerja smk jurusan akuntansi
Musim ujian telah tiba, saatnya setelah selesai mengikuti Ujian Nasional para siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) disibukan dengan menentukan pilihan untuk melanjukan studinya, mau ke Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jika pilihanya ke SMK, maka akan di hadapkan pada pilihan lagi, yaitu mau masuk jurusan apa? sebab di SMK banyak Sekali jurusan yang dapat dililih. Sebelum masuk ke SMK, sebaiknya terlebih dahulu mencari informasi jurusan yang memiliki peluang kerja cukup menjanjikan sehingga setelah lulus dari SMK siap untuk bekerja.


Salah satu jurusan atau program keahlian di SMK yang memiliki peluang kerja cukup baik adalah jurusan Akuntansi. Jurusan Akuntansi adalah sebuah jurusan yang berhubungan dengan angka dan hitung menghitung. Hampir setiap hari siswa jurusan akuntansi ini dihadapkan dengan pelajaran yang berhubungan dengan angka dan hitung menghitung seperti dalam membuat jurnal, buku besar maupun laporan keuangan.


Lalu, berapa besarkah peluang kerja bagi lulusan SMK Akuntansi? Perusahaan besar, menengah maupun kecil tentu membutuhkan orang-orang yang cakap dalam membantu mengelolan keuangan perusahaan, hal ini hanya lulusan jurusan akuntansi yang bisa menanganginya. Oleh karena itu lulusan SMK jurusan akuntansi akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan. Biasanya jumlah lowongan kerja dan tingkat penyerapan pada jurusan akuntansi lebih besar jika dibanding dengan jurusan lainya.

Hal ini bisa di simpulkan kalau peluang untuk jurusan akuntansi sangat besar. Di semua lini sangat dibutuhkan seorang akuntan, mulai dari perusahaan kecil sampai perusahaan besar membutuhkan orang-orang yang menguasai akuntansi.

Melihat peluang kerja di bidang akuntansi yang sangat besar dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan, maka lulusan SMK jurusan akuntansi tidak begitu sulit untuk mencari kerja di perusahaan. Selain bekerja di perusahaan, lulusan SMK Jurusan akuntansi juga memiliki kemungkinan besar untuk dapat mengembangkan ilmunya untuk berwiraswata dan membuka peluang usaha baru.

Di SMK jurusan akuntansi selain mempelajari ilmu akuntansi secara manual, lulusan ini juga telah dibekali ilmu akuntansi dengan komputerisasi seperti Mayob Accounting sesuai dengan versi mayob terbaru.

Selain belajar di sekolah, siswa SMK juga diwajibkan untuk magang di industri/ perusahaan yang biasa dikenal dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Dalam Praktik Kerja Lapangan (PKL) inilah siswa SMK dapat menerapkan ilmunya yang di pelajari disekolah ke perusahaannya tempat magang/ PKL. Untuk siswa jurusan akuntansi tempat PKL-nya biasanya di kantor kantor yang berkaitan dengan lembaga keuangan, seperti Bank, akuntan publik maupun di bagian keuangan pada perusahaan. Dari magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) inilah siswa SMK jurusan akuntansi bisa mengasah keterampilanya dan dapat mempraktikan secara langsung ilmunya diperusahaan sehingga setelah lulus dari SMK jurusan akuntansi siap untuk bekerja.

Semoga bermanfaat.... :)

0 Response to "Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Akuntansi"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel