Artikel Tutorial

Install ujian online dan offline di bekas server UNBK

0 Comments
Home
Artikel
Tutorial
Install ujian online dan offline di bekas server UNBK
Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pertama diselenggarakan pada tahun 2014 secara online yang diikuti secara terbatas di SMP Indonesia Singapura serta SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). 

Hasil dari penyelenggaraan UNBK  tersebut cukup dianggap cukup menggembirakan sehingga dapat untuk mendorong meningkatkan literasi siswa terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

 Install ujian online dan offline di bekas server UNBK

Tetapi mulai tahun 2020 melalui kemdikbud secara resmi menghapus pelaksanaan Ujian Nasional (UN) baik UNBK maupun UNKP. 

Hampir semua sekolah tingkat SLTP maupun SLTA memiliki Server yang digunakan untuk UNBK kala itu dan sekarang kebanyakan server tersebut hanya ditumpuk atau hanya digunakan sebagai komputer operasional kantor saja, padahal dari sisi spesifikasi komputer ini sangat mumpuni.

Kini Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari jenjang SMP/MTs sampai SMA/SMK/MA telah menjadi kenangan, karena mulai tahun 2021 pemerintah dalam melakukan asesmen/ penilaian secara nasional menggunakan pola baru yaitu Asesmen Kompetensi Minimum yang dilaksanakan secara nasional.

Asesmen Nasional (AN) ini dilakukan full online sehingga tidak tergantung pada server lokal saja. Server bekas UNBK ini bisa dimanfaatkan untuk meng-Install Ujian Online dan Offline dalam ujian sekolah maupun ujian semester.


Banyak aplikasi yang dapat digunakan dan di install di bekas server UNBK sehingga bekas server tersebut memiliki manfaat yang besar dan dapat mempermudah kebutuhan sekolah dalam melaksanakan ujian harian maupun ujian sekolah.

Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain:
1. Moodle
2. Candy CBT
3. NeoCBT
4. ZIA CBT
5. dll

Dalam instalasi aplikasi ujian tersebut dapat dilakukan menggunakan teknologi virtualisasi maupun di install secara langsung pada server tersebut.

Mode virtualisasi dapat memanfaatkan software virtual machine seperti VirtualBox maupun VmWare  yang dapat di download di internet, sedangkan jika metode langsung maka pada server unbk kita perlu di install web server dan sql server tergantung dari sistem operasi apa yang akan dipakai.

Sebagai contoh, saya akan menggunakan web server apache  dan sebagai databasenya saya menggunakan Mysql  serta phpmyadmin untuk administrasi databasenya. Anda bisa menggunakan web server dan database server lainya tergantung selera dan kebutuhan anda, tapi menurut saya apache, php dan mysql sudah cukup untuk kita install di server unbk.

Jika server anda berbasis windows, anda bisa mendownload paket aplikasi web server seperti xampp , wamp  disitus resminya. Tetapi jika anda pengguna linux maka anda harus menginstall paket Apache, Mysql-server, php dan phpmyadmin tersebut secara terpisah (satu persatu).

Untuk instalasi Server ujian berbasis windows anda dapat mempersiapkan aplikasi sebagai berikut:

Server Windows

Install Wamp atau XAMPP di windows, setelah xampp atau wamp terinstall kemudian tempatkan file-file web pada direktory/ folder C:/xampp/htdocs/directory_web. Setelah meletakan folder (file web) pada direktory htdocs kemudian buka browser dan ketikan pada url http://localhost/directory_web

Contoh: http://localhost/ujian (ujian merupakan folder web aplikasi ujian) maka akan tampil aplikasi ujian seperti dibawah ini:


Tampilan login siswa


Sedangkan jika di buka dari client maka kita cukup mengetikan http://ip-server/forder_ujian yang mana IP Server adalah alamat IP yang diset diserver, sedangkan forder_ujian adalah nama folder dari aplikasi ujian tersebut.

Contoh : http://192.168.0.254/ujian maka akan tampil sepergi gambar diatas.

Server linux

Linux merupakan sistem operasi berbasis server yang sangat handal, stabil dan yang jelas free (bebas) untuk didistribusikan maupun dikembangkan lagi. Sebagian besar Administrator jaringan lebih memilih linux sebagai servernya karena lebih “aman” jika digunakan untuk jaringan online maupun offline

Untuk instalasi linux sebagai web server bisa dilihat di langkah mudah install wordpress di linux debian 8

Saat ini server UNBK kita dapat dimanfaatkan untuk ujian on/offline sehingga lebih bermanfaat.

Untuk teknologi virtualisasi dapat dibaca di Keunggulan dan kelemahan VMWare dan VirtualBox

No comments